Jumat, 31 Agustus 2012

`Apa sih Jurnal





buat memahami apa sih makna dan defenisi jurnal itu 
apa sama dengan makalah, skripsi, karangan ilmiah atau artikel apa sih ??

Sebuah jurnal (melalui Perancis dari bahasa Latin diurnalis, setiap hari) memiliki beberapa arti yang berhubungan:
1. Bisa berarti laporan harian2. Koran bisa disebut jurnal juga3. Academic Journal/scientific Journal dikenal dengan jurnal juga.4. dll
Kalau bisa mengenai junal maka kita harus ngerti dulu konteks yang dimaksud. 
catatan harian peristiwa atau bisnis, sebuah jurnal pribadi biasanya disebut sebagai buku hariankoran atau berkala lainnya, dalam arti harfiah dari satu diterbitkan setiap haribanyak publikasi yang diterbitkan pada interval ditetapkan, seperti majalah, atau jurnal ilmiah, jurnal akademik, atau catatan transaksi suatu masyarakat, yang sering disebut jurnal. Meskipun jurnal kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk "majalah", di penggunaan akademis, jurnal mengacu pada publikasi, serius ilmiah yang peer-review. Sebuah majalah non-ilmiah yang ditulis untuk audiens berpendidikan tentang industri atau bidang kegiatan profesional biasanya disebut majalah profesional.Kata "wartawan", untuk satu yang bisnisnya yang menulis untuk pers publik dan media saat ini juga lainnya, telah digunakan sejak akhir abad ke-17.
Dalam dunia penerbitan jurnal ilmiah, prinsip utama yang dipegang dalam penerbitan adalah menerbitkan rencana asli, ilmiah, hasil penyelidikan dan belum pernah diterbitkan sebelumnya.
Penulis belum menemui bahan bacaan tentang penerbitan jurnal yang meletakkan prinsip jurnal ilmiah bertujuan menerbitkan karya tidak asli. Ada banyak implikasi tentang perbahasan ini. Malah jika dilihat satu lagi tafsiran - jurnal sebagai rekod peristiwa atau diari - mestilah menerbitkan karya atau catatan baru yang belum pernah diterbitkan.Jurnal adalah sebuah terbitan khusus bagi sesuatu bidang ilmu untuk penyelidik, sarjana dan peminat bidang tertentu. Itu sifat jurnal, maka itulah dikatakan ada lebih 300,000 jurnal ilmiah di dunia. 
Akses terbuka jurnal adalah jurnal akademik yang tersedia untuk pembaca tanpa penghalang keuangan atau lainnya selain akses ke internet itu sendiri. Beberapa bersubsidi, yang lainnya memerlukan pembayaran atas nama penulis. Jurnal bersubsidi dibiayai oleh lembaga akademik atau pusat informasi pemerintah.
Artikel utama: jurnal PublicSebuah jurnal publik merupakan catatan hari-demi-hari peristiwa dalam parlemen atau kongres. Hal ini juga disebut menit atau catatan.
Istilah "jurnal" juga digunakan dalam bisnis:Jurnal adalah sebuah buku atau file komputer di mana transaksi moneter dimasukkan pertama kalinya mereka akan diproses. Jurnal ini daftar transaksi dalam urutan kronologis berdasarkan tanggal sebelum transfer dari transaksi yang sama untuk buku besar dalam proses pembukuanNarasi atau setara dengan log kapal, sebagai catatan tugas harian, seperti observasi, perubahan cuaca, atau peristiwa penting lainnya sehari-hari



Tidak ada komentar:

Posting Komentar